Kurikulum

Aktivitas Pembelajaran

BIDANG KURIKULUM MAN 15 JAKARTA

 

Bidang kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah dan kualitas pendidikan di setiap institusi sekolah. Kurikulum bukan hanya sekadar rangkaian mata pelajaran yang harus dipelajari siswa, tetapi merupakan fondasi utama dalam membangun pengalaman belajar yang bermakna, terstruktur, dan berorientasi pada perkembangan kepribadian serta potensi setiap siswa.

 

Di MAN 15 Jakarta, bidang kurikulum memegang peran kunci dalam memastikan keberhasilan pendidikan di madrasah. Sebagai bagian dari institusi pendidikan yang berkomitmen pada pembentukan generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia, bidang kurikulum di MAN 15 Jakarta dirancang dengan pendekatan yang holistik dan berorientasi pada masa depan siswa. MAN 15 Jakarta merupakan salah satu madrasah aliyah regular plus keterampilan di Jakarta. Kami memahami bahwa kurikulum bukan hanya soal pencapaian akademik, tetapi juga merupakan kerangka yang memungkinkan siswa mengembangkan potensi, karakter, serta keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan global. Keterampilan yang diajarkan di madrasah kami yaitu Tata Busana, Otomotif, Elektro dan Desain Grafis.

 

Di MAN 15 Jakarta, kami menerapkan kurikulum berbasis Merdeka Belajar yang memberikan keleluasaan bagi siswa untuk mendalami minat dan bakat mereka, serta mendukung mereka dalam belajar secara mandiri dan kreatif. Bidang kurikulum ini kami perkuat dengan berbagai program unggulan yang mendukung tujuan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam, akademik, dan pengembangan karakter.

 

PROGRAM UNGGULAN DALAM BIDANG KURIKULUM

Program unggulan dalam bidang kurikulum di MAN 15 Jakarta antara lain:

  1. Program Penguatan Literasi dan Numerasi

Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, yang merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan interaktif dan kontekstual, siswa belajar memahami teks, data, dan angka secara kritis dan analitis.

  1. Program Pembelajaran Berbasis Proyek dan Riset (PBL dan Penelitian)

Dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penelitian, siswa dapat mengeksplorasi konsep-konsep yang dipelajari melalui proyek yang aplikatif. Program ini melatih siswa dalam keterampilan berpikir kritis, kerja tim, dan pemecahan masalah, sekaligus menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan analitis.

  1. Program Tahfidz Al-Qur’an

Program unggulan ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dan memperkuat akhlak siswa. Dalam program Tahfidz Al-Qur’an, siswa diberikan waktu khusus untuk menghafal Al-Qur’an dengan bimbingan ustaz/ustazah yang berkompeten, sehingga diharapkan dapat membentuk generasi yang berintegritas, cinta Al-Qur’an, dan berakhlak mulia.

  1. Pengembangan Kompetensi Digital

Menghadapi era digital, MAN 15 Jakarta berkomitmen membekali siswa dengan kemampuan literasi digital. Program ini mencakup pelatihan teknologi informasi, keamanan digital, dan penggunaan media secara produktif. Tujuannya agar siswa dapat menjadi pengguna teknologi yang bijak dan terampil dalam memanfaatkan teknologi untuk pendidikan dan pengembangan diri.

  1. Ekstrakurikuler Berbasis Minat dan Bakat

MAN 15 Jakarta menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler berbasis minat dan bakat untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik. Dari bidang seni, olahraga, hingga sains, setiap siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya, yang turut mendukung pembentukan karakter dan rasa percaya diri.

  1. Program Pengembangan Karakter Islami dan Leadership

Kami mengintegrasikan nilai-nilai Islami dan pengembangan kepemimpinan dalam seluruh kegiatan sekolah. Program ini diharapkan membentuk siswa yang tangguh, memiliki jiwa kepemimpinan, serta berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

 

PROGRAM INOVASI DALAM BIDANG KURIKULUM

Program inovasi dalam bidang kurikulum di MAN 15 Jakarta dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memotivasi guru serta siswa dalam mengembangkan potensi akademik. Berikut penjelasan dari setiap program tersebut:

  1. Mengadakan Kelas Olimpiade

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa yang memiliki potensi akademik tinggi agar dapat berkompetisi di olimpiade mata pelajaran di tingkat nasional atau internasional. Siswa mendapatkan pembelajaran tambahan dan pelatihan intensif pada bidang yang diperlombakan.

  1. Mengadakan Kegiatan AMTSILATI FEVER

Program ini berfokus pada pengembangan kemampuan membaca kitab kuning atau literatur Islam klasik dalam bahasa Arab. Metode Amtstilati digunakan untuk membantu siswa memahami kitab tersebut dengan lebih efektif. Kegiatan ini mendorong siswa untuk menguasai bahasa Arab sebagai bagian dari kajian ilmu agama.

  1. Mengadakan Kegiatan GASING

GASING, atau singkatan dari "Gampang, Asyik, Menyenangkan," adalah metode pembelajaran matematika yang dikembangkan untuk membuat matematika lebih mudah dipahami. Program ini memberikan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan bagi siswa agar merasa nyaman dalam belajar matematika.

  1. Mengadakan Praktek Kerja Lapangan

Praktek kerja lapangan dilakukan siswa bagi siswa sesuai dengan keterampilan yang dipelajari. Hal ini dilakukan untuk mendorong semangat siswa dalam belajar, dimana siswa akan belajar dari masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-harinya.

  1. Mengadakan Kompetisi CERDAS CERMAT KURIKULUM bagi Guru Setiap 3 Bulan Sekali
    Kompetisi ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum yang diterapkan di sekolah. Setiap tiga bulan sekali, guru-guru berkompetisi dalam menjawab soal-soal terkait materi dan implementasi kurikulum, sehingga pengetahuan mereka selalu up-to-date.
  2. Menulis Buku Bersama dalam 1 Semester

Program ini mendorong kolaborasi antar guru untuk menulis buku sebagai bentuk kontribusi terhadap dunia pendidikan. Dalam satu semester, tiga guru bekerja sama untuk menghasilkan satu buku yang bisa menjadi referensi atau bahan ajar di sekolah.

  1. Menulis Best Practice: 1 Guru 1 Best Practice dalam 1 Tahun

Setiap guru didorong untuk menuliskan praktik terbaik yang telah mereka terapkan di kelas. Hal ini bertujuan untuk mendokumentasikan strategi-strategi pengajaran efektif yang dapat dibagikan kepada guru lainnya, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif.

  1. Pemilihan Teacher of The Year

Program ini merupakan bentuk apresiasi kepada guru yang telah menunjukkan dedikasi dan prestasi luar biasa dalam mengajar. Guru yang terpilih akan dinobatkan sebagai "Teacher of The Year" sebagai motivasi bagi guru lainnya untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusinya terhadap sekolah.

 

Program-program bidang kurikulum di MAN 15 Jakarta adalah bukti nyata komitmen kami dalam mencetak generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga berkarakter Islami dan siap menghadapi perkembangan zaman. Program-program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas siswa, tetapi juga pada pengembangan profesional guru-guru di MAN 15 Jakarta.

 

STRUKTUR BIDANG KURIKULUM

1.       Waka Kurikulum              : Huswati, M.Pd

2.       Staf Kurikulum                 : Kharisma Kurniawan, S.Or